3 SISTEM PONDASI BORE PILE

Bore Pile merupakan salah satu jenis pondasi beton bertulang yang dimasukan ke dalam lubang tanah yang sudah dibor terlebih dulu. Pondasi bore pile ini digunakan untuk memindahkan beban berat pada  bangunan ke tanah atau lapisan batuan yang lebih keras. Konstruksi bore pile tersebut dijalankan bersama dengan metode pengeboran secara berturut bersama mengguanakan getaran rendah. Selain itu, perihal ini termasuk sanggup digunakan untuk pondasi dan pengamanan bangunan.

Apa itu bore pile?

Bore pile adalah jenis pondasi dalam yg berbentuk tabung yg tertanam di bawah bangunan yg di kerjakan di tempat yang berfungsi sebagai pondasi penyangga beban berat bangunan yang berada di atasnya. Pada dasarnya pondasi bore pile sama halnya dengan pondasi tiang pancang /paku bumi yang membedakan adalah proses cara mengerjakannya.

SISTEM PONDASI BORE PILE

 

Pondasi Bored Pile/Pondasi strauss pile termasuk kategori pondasi dangkal, jenis pondasi ini biasanya digunakan pada bangunan yang bebannya tidak terlalu berat, misalnya untuk rumah tinggal atau bangunan lain yang memiliki bentang antar kolom tidak panjang.

Dalam pengerjaan pondasi bored pile ada beberapa metode atau sistem yang biasan digunakan dalam proses pengeboran tanah. Ada 3 sistem bore pile umum digunakan dalam pengerjaan Bore Pile, yaitu Sistem Grabbing, Sistem Augering dan Sistem Wash Boring. Sistem merupakan serangkaian elemen yang saling berhubungan & terpadu untuk mencapai suatu tujuan. Dalam proses pembuatan Pondasi Bore Pile juga disusun atas beberapa sistem yang memungkinkan pekerjaan bore pile menjadi lebih mudah, praktis serta cepat untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Berikut ini akan kami jelaskan perbedaan dari masing-masing sistem bored pile Sistem Grabbing, Sistem Augering dan Sistem Wash Boring tersebut. Sistem ini juga harus diperhitungkan berdasarkan tipe pondasi seperti pada bangunan yang vertikal atau bangunan yang bertingkat serta ada banyak komponen lain yang juga harus diperhatikan.

a. Sistem Grabbing

Sistem pondasi bore pile Grabbing adalah metode pembuatan bore pile yang membutuhkan casing untuk menahan longsoran yang berpotensi terjadi pada saat dilakukan proses pemancangan, casing tersebut akan diletakkan di dalam lubang tanah dengan cara menekan sambil dilakukan pemutaran.

Pada umumnya untuk menerapkan sistem Grabbing ini dapat dilakukan pada semua jenis tanah, mulai dari jenis tanah keras sampai jenis tanah lembek dan jenis tanah yang paling baik untuk sistem grabbing adalah jenis tanah yang keras atau sulit untuk ditembus bor.

b. Sistem Augering 

Sistem Augering memanfaatkan auger yang diperlukan untuk bentonite slurry & casing yang berfungsi untuk menahan kemungkinan terjadinya tanah longsor akibat dari pengeboran yang dilakukan.

Ssalah satu kekurangan Bentonite slurry tidak bisa diterapkan pada tanah yang mempunyai ciri permeabilitasnya yang tinggi karena kondisi tersebut dapat menyebabkan perembesan melalui lapisan permeable tersebut.

c.Sistem Wash Boring

Sistem Wash Boring adalah sistem salah satu sistem pelaksanaan bored pile dengan menggunakan casing untuk proses pengerjaan pengeboran yang berfungsi untuk menahan tanah longsor, selain itu sistem Wash Boring juga menjadi pompa air di dalam sirkulasi air ketika proses dilakukannya pengeboran.

Sistem Sistem Wash Boring paling baik digunakan untuk tanah yang memiliki ciri berpasir lepas. Dalam sistem Wash Boring ini digunakan tambahan tulangan yang berfungsi sebagai penahan gaya lateral.

Kontraktor Bored Pile Terbaik di Indonesia merupakan Jasa layanan Bore Pile Profesional berkualitas dengan harga kompetitif, didukung dengan SDM dan peralatan yang berstandar terbaik menjamin kualitas setiap pekerjaan dimanapun berada.

Ukuran diameter pondasi bore pile

Pilihan ukuran diameter pondasi bore pile sebagai berikut:

  1. Diameter 30 cm
  2. Diameter 40 cm
  3. Diameter 50 cm
  4. Diameter 60 cm

Keunggulan sistem pondasi bore pile

Keunggulan sistem pondasi bore pile sebagai berikut:

  1. Dengan sistem bore pile memungkinkan melakukan pengeboran sampai batas maksimal kedalaman berdasarkan dari hasil tes soundir/soil tes.
  2. Pengerjaan sistem bore pile lebih cepat sesuai prosedur
  3. Mobilisasi dapat dilakukan hanya dengan menggunakan truck diesel sehingga dapat masuk di lokasi jalan yang sempit.
  4. Sistem bore pile tidak akan menyebabkan kerusakan bangunan disekitarnya.
  5. Pengoperasian alat bore pile sangat sederhana namun lebih modern.
  6. Tidak menimbulkan gangguan kebisingan untuk area sekitar.

Anda mencari jasa bore pile dan Strauss pile murah dan terpercaya, kami adalah solusinya.

Kontraktor Bored Pile Terbaik di Indonesia merupakan Jasa layanan Bore Pile Profesional berkualitas dengan harga kompetitif, didukung dengan SDM dan peralatan yang berstandar terbaik menjamin kualitas setiap pekerjaan dimanapun berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.